Rayakan Hari Kemerdekaan, Warga Antusias Ikuti Perkemahan Warga di Babakan Kidul Desa Galaherang

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Kuninganhits.com, Maleber – Perayaan HUT RI ke 79 tahun ini dirayakan unik dan penuh semangat oleh warga Dusun Babakan Kidul, Desa Galaherang, Kecamatan Meleber, Kabupaen Kuningan. Bertempat di lapangan sepak bola, acara ini berlangsung selama 3 hari, 16-18 Agustus 2024.

Perkemahan warga dibuka langsung oleh Kepala Desa Galaherang, Tata Subrata, Jumat (16/8/2024) sore, dihadiri oleh seluruh peserta, perangkat desa dan tamu undangan.

Peserta khidmat mengikuti upacara pembukaan perkemahan warga. FOTO: Jamaludin Al Afghani/Kuninganhits.com

Memperingati dan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini digagas langsung oleh warga melalui musyawarah. Perkemahan Warga Babakan Kidul menjadi ajang membangun kebersamaan antar sesama warga melalui berbagai acara menarik dan menghibur yang sepenuhnya melibatkan seluruh warga, mulai dari peserta anak-anak, dewasa sampai kalangan orang tua.

Peserta saat mengikuti upacara pembukaan perkemahan warga. FOTO: Jamaludin Al Afghani/Kuninganhits.com

Biasanya perkemahan pesertanya adalah pelajar dalam kegiatan Pramuka, sementara acara ini pesertanya adalah seluruh warga. Panitia menyediakan lebih dari 20 unit tenda yang akan dipakai menginap oleh peserta. Termasuk tenda panitia, tenda tamu, dan tenda logistik.

Peserta perkemahan warga berfoto di depan tenda peserta. FOTO: Haerudin Paing/Kuninganhits.com

Menurut Lurah Suryat, berbagai persiapan acara dilakukan secara gotong royong, mulai dari penyusunan acara, penggalangan dana, pembuatan gerbang area acara, pendirian tenda dan persiapan keseluruhan acara yang akan digelar selama 3 hari pelaksanaan perkemahan warga.

“Alhamdulilah, tahun ini kami warga Dusun Babakan Kidul, Desa Galaherang bersepakat melaksanakan kegiatan perkemahan warga dalam rangka memperingati dan merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini insiatif dari warga, dan sepenuhnya kami bekerja gotong royong, dan memastikan acara ini dapat berjalan lancar,” ujar Lurah Suryat kepada Kuninganpos.com (grup Kuninganhits.com).

Peserta perkemahan warga saat mengikuti upacara pembukaan. FOTO: Jamaludin Al Afghani/Kuninganhits.com

Dikatakan Lurah Suryat, Perkemahan Warga bertujuan membangun kebersamaan dan kerukunan antar warga, membangun rasa cinta lingkungan tempat tinggal dan tanah air.

“Perkemahan warga ini semangatnya adalah menjaga dan menghidupkan lembur, mencintai tanah air, tanah kelahiran dan lingkungan tempat tinggal dengan ragam kegiatan yang produktif, menghadirkan semangat guyub dan gotong royong. Di kegiatan ini kami bisa lebih dekat berinteraksi antar warga, dan senang bersama-sama dengan berlibur di kampung sendiri,” tambahnya.

Suasana perkemahan warga. FOTO: Haerudin Paing/Kuninganhits.com

Selain pelaksanaan upacara kemerdekaan, Perkemahan Warga akan dimeriahkan dengan berbagai acara menarik, seperti pentas seni, lomba cerdas cermat warga, olahraga, tour lingkungan dusun, tausyiah dan dzikir, sholat berjamaah, istigosah, renungan malam dan api unggun.

“Warga juga akan kami ajak jurit malam agar mendapat pengalaman baru mencari jejak disetiap pos dan halang rintang yang harus dilalui kelompok peserta. Kami juga sudah menyiapkan satu sesi acara yaitu Tanya Lurah, dimana warga bisa menyampaikan keluh kesah, atau gagasan seputar membangun lingkungan. Kita akan cari solusi dan aksi bersama untuk mewujudan lingkungan tinggal yang rukun, nyaman, asri dan ramah anak,” pungkasnya.

By Jamaludin Al Afghani

Gani, anak band yang juga lulusan Universitas Kuningan ini penyuka fotografi selain menulis puisi dan literasi sastra. Ia juga dikenal aktif dibeberapa organisasi kepemudaan dan lingkungan hidup. Dunia jurnalistik menjadi minat yang semangat digeluti Gani saat, ini dengan harapan melalui reportase harian bisa terus merawat kedekatannya dengan masyarakat, melihat aktual kondisi yang terjadi dan mengabarkannya ke publik agar mendapat perhatian luas dan menjadi ruang terbuka untuk berdiskusi dan mencari solusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya